5 Pola Makanan Yang Membantu Agar Tidur Nyenyak

5 Pola Makanan Yang Membantu Agar Tidur Nyenyak

5 Pola Makanan Yang Membantu Agar Tidur Nyenyak

Jika sewaktu-waktu mungkin dari kita pernah mengalami, dimana pada malam hari lebih mudah tidur dan di waktu lainnya mengalami kesulitan. Dengan pengalaman tersebut yang mungkin pernah anda miliki juga , hal tersebut bisa saja di pengaruhi oleh beberapa hal , termasuk makanan yang di konsumsi . ya, kamu sudah berada di tempat yang benar untuk mengetahui hal tersebut, karena pada penjelasan ini akan menginformasikan tentang jenis-jenis makanan yang dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak.

Ketika berbicara tentang tidur nyenyak, tentunya setiap orang pasti setuju dan ingin mendapatkannya, bahkan setiap harinya , karena ketika seseorang merasa nyenyak saat tidur biasanya ketika ke esokan harinya bangun, maka tubuhnya akan lebih terasa segar bugar, sehingga aktifitas keseharian bisa berjalan dengan baik, apalagi bagi kamu yang memiliki aktifitas bekerja.

Setiap makanan yang di konsumsi memiliki manfaat untuk kebutuhan tubuh, namun bagi anda yang memiliki kebiasaan yang sulit tidur di malam hari, maka bisa dengan mengatasinya dan memilih pola makan yang akan di konsumsi, seperti pada penjelasn di bawah ini.

Pola Makan Untuk Tidur Lebih Nyanyak

Banyak hal yang mempengaruhi seseorang mengalami kesulitan untuk tidur, bisa saja hal tersebut terjadi karena mengkonsumsi makanan yang membuat tubuh merasa sulit untuk di ajak tidur nyenyak.

1. Konsumsi Makanan Karbohidrat Kompleks
Ada sebuah riset yang di ungkapkan di American Journal Klinik Of Clinikal . para peneliti mengungkapkan, bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak . karena karbohidrat kompleks dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks, dan membuat tubuh menjadi nyenyak untuk di bawa tidur.

Banyak contoh makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, selai kacang, dan makanan sejenisnya. Dan perhatikan juga kandungan lainnya, seperti lemak dan hindari mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat kompleks tapi memiliki kandungan lemak juga yang banyak.

2. Atur Porsi Makan Yang Tepat
Sebelum malam beranjak, maka sebaiknya cukupi kebutuhan makanannya. Karena untuk menjaga-jaga di waktu malam hari perut merasa lapar dan membuat tidur menjadi terganggu. Tapi yang paling penting lagi, ketika lapar di saat tidur dan anda memutuskan untuk makan, di khawatirkan akan mengkosnumsi banyak makanan yang kurang bagus untuk kesehatan.

Nah, hal tersebut merupakan hal terpenting untuk dilakukan dengan cara mendisiplinkan diri untuk makan teratur dengan porsi yang tepat.

3. Konsumsi Buah Ceri
Buah ceri mengandung zat yang dapat membantu tubuh menjadi rilesk, seperti kandungan melatonin. Sebenarnya melatonin tersebut bisa di hasilkan oleh tubuh. Melatonin itu sendiri memiliki peranan pada tubuh untuk menjaga mengatur fungsi tubuh, seperti melakukan tidur.

4. Hindari Konsumsi Alkohol
Mengkonsumsi alkohol memang dapat membuat tubuh merasa ringan dan merasa ngantuk. Namun alkohol juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga meskipun mudah tidur, maka akan mudah juga untuk terbangun dan membuat tidur menjadi tidak nyenyak dan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

5. Coba Hindari Asupan Dari Minumkan Bersoda, Kopi dan Minuman Untuk energy
Kandungan kafein dari minuman tersebut merupakan hal yang sebaiknya anda hindari setiap harinya, setidaknya 6 jam sebelum tidur. Karena kafein merupakan stimulan yang dapat membuat tubuh akan terjaga.  Dan tentunya untuk membuat tidur nyenyak, maka minuman tersebut tidak cocok di konsumsi saat menjelang tidur.

Namun, bagi anda yang memiliki aktifitas yang aktif, seperti berolahraga maka anda bisa saja mengkonsumsi minuman tersebut, jika merasa tidak mungkin untuk tidak minum kopi di sore hari.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments