7 Penyebab Gagal Membentuk Otot Tubuh

7 Penyebab Gagal Membentuk Otot Tubuh

7 Penyebab Gagal Membentuk Otot Tubuh

Sudah melakukan fitnes dan berbagai hal macam lainnya, namun bentuk otot tidak kunjung terbentuk seperti harapan yang di inginkan ? Tenang, dan jangan terburu-buru berputus asa, karena bukan hanya anda yang sudah melakukan fitnes namun masih belum tercapai bentuk idealnya.

Ya, hal tersebut sering kita temui, banyaknya kegagalan yang terjadi. Tapi ketika melihat beberapa seorang pemula yang melakukan latihan fitnes dan bisa mendapatkan bentuk otot yang baik dan sedangkan sebagian orang lainnya merasa kesulitan untuk mendapatkannya.

Ada beberapa alasan yang penting untuk diketahui sebelum memutuskan,bahwa latihan yang dilakukan gagal di capai sebelum membaca penjelasan di bawah ini.

Mungkin, sebagian dari kita belum mengetahui, bahwa dengan melakukan latihan angkat beban, selain dapat membantu dalam melatih otot, maka sebenarnya dapat merusak sel micro otot itu sendiri, dan tak heran banyak orang yang melakukan latihan fitnes malah membuat otot tubuhnya malah menyusut. Nah, peranan makanan yang di konsumsi dapat membantu pembentukan otot dan pencegahan terjadinya penyusutan tersebut yang di barengi istirahat dan pola latihan yang tepat. Jadi , ketika anda berfikir melakukan latihan angkat beban dapat membentuk otot tanpa memperdulikan hal lainnya, inilah hal sangat keliru.

1. Terlalu Banyak Latihan Angkat Beban

Latihan fitnes memang di sarankan untuk melatih otot tubuh, sehingga otot akan terbentuk sesuai latihan yang dilakukan. Namun ceritanya akan berbeda ketika melakukan latihan secara berlebih, karena ketika tubuh melebihi batasnya dalam melakukan latihan, maka tubuh akan mengambil otot tubuh dan merubahnya menjadi sumber energy saat latihan, sehingga otot akan menyusut , yang di tandai dengan pegal, nyeri pasca melakukan fitnes.

2. Kurang Tepat Memilih Makanan Yang DI kosnumsi

Banyak orang yang beranggapan, bahwa dengan makan banyak dapat membuat otot tubuh akan terbentuk. Nah, ini merupakan hal yang tidak tepat, karena pasalnya dalam membentuk otot tubuh, entah itu untuk membantuk otot perut, otot dada dan otot lainnya, membutuhkan asupan protein yang cukup , dan di dampingi dengan asupan karbohidrat, kalori, serat dan yang lainnya. Jadi , coba untuk perhatikan terlebih dahulu, makanan apa saja yang di konsumsi setiap harinya. 

3. Beban Fitnes Tidak Di Tingkatkan

Nah, mungkin latihan yang dilakukan oleh anda saat ini hanya itu-itu saja. Artinya tidak ada peningkatkan beban. Karena hal ini penting untuk dilakukan, karena otot yang sedang di latih maka akan merespon dari beban yang di berikan. Misalkan, pada awal waktu melakukan dapat melakukan fitnes hingga 10 kali repetisi dengan hanya menggunakan beban tubuh saja. Dan jika tubuh sudah terbiasa dengan beban itu dan tidak terlalu terasa berat lagi maka bisa dengan menggunakan beban tambahan, dengan menggunakan plat barbell atau beban lainnya, sehingga dapat melakukan push-up hingga 10 kali dengan beban yang pas dengan peningkatan kekuatan.

Baca Juga : Cara Membentuk Otot Perut Sixpack

4. Teknik Latihan Yang Kurang Tepat

Apakah latihan yang dilakukan sudah tepat ? , contohnya dalam melakukan angkat beban, ada beberapa jenis repetisi . dan jika anda memiliki program pembentukan otot, maka beban maksimal yang mampu di angkat oleh kekuatan otot tubuh anda hingga mencapai 8 sampai 10 kali repetisi maksimal, dan jenis repetisi lainnya, dilakukan untuk melatihan ketahanan dan kekuatan otot.

5. Tidak melakukan latihan Kardio

Dalam melakukan olahraga angkat beban, pada dasarnya memiliki manfaat yang dapat membakar lemak/kalori tubuh. Namun , terkadang hal tersebut masih kurang bagi seseoranog yang memiliki tubuh yang gemuk. Lemak dan kalori dalam tubuh bisa saja merupakan penghalang bentuk otot perut atau otot lainnya telihat dengan jenis dan ketika lemak berkurang bisa saja lekukan otot sudah terbentuk.


6. Kesalahan Diet

ada beberapa orang yang memiliki badan gemuk dan ingin membentuk otot perut sambil melakukan diet, dengan mengurangi asupan makanan pada menjalankan program pembentukan otot, padahal otot tubuh sangat membutuhkan asupan nutrisi, seperti protein untuk bisa tumbuh. Daripada mengurangi makanan yang di kosnumsi, maka sebaiknya coba untuk mengurangi asupan makanan yang mengandung karbohidrat, kalori dan menggantinya dengan mengkonsumsi makanan tinggi akan protein, seperti daging ayam, daging sapi, putih telur, tahu, dan makanan sejenisnya.

7. Salah Suplementasi

Bagi anda yang mengkonsumsi suplementasi untuk pembentukan massa otot, maka sebaiknya cek terlebih dahulu manfaat suplemen yang akan di kosnsmsi, karena banyaknya jenis suplemen fitnes yang ada, tentunya akan membuat kebingunan bagi seorang pemula.  Perlu untuk diketahui, bahwa suplementasi tersebut merupakan asupan tambahan untuk membentuuk otot tubuh, dan pada pola makan sehari-hari lah memiliki peranan besar untuk pembentukan otot. Apalagi , punya fikiran, mentang-mentang konsumsi suplemen fitnes, pola makannya tidak sehat , cenderung ke junk foood .

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments