Diet Rendah karbohidrat . LCD  ( Low Carb Diet )

Diet Rendah karbohidrat . LCD ( Low Carb Diet )

Diet Rendah karbohidrat . LCD ( Low Carb Diet )


Banyak jenis diet yang ada di indonesia itu sendiri, namun dengan banyaknya jenis diet yang ada terkadang membuat sebagian orang menjadi kebingungan tersendiri. Bukan hanya tentang banyaknya jenis yang ada yang membuat seseorang pusing untuk memilih diet, tapi ada faktor yang lain, seperti merasa berat untuk melakukan diet tertentu dan ditambah setiap diet yang ada, memiliki testimoni masing-masing yang ada.

Ya, hal tersebut memanglah hal biasa terjadi, apalagi bagi anda yang baru akan memulai melakukan diet. Diet LCD ( Low Carb Diet ) ini merupakan pilihan yang tepat untuk anda lakukan dalam memilih jenis diet yang ada, karena pasalnya anda tidak harus bersusah payah mengurangi asupan makanan yang di konsumsi setiap harinya, tapi hanya mengatur jenis makanan saja yang di pilih tanpa harus bersusah payah merasa lapar ketika melakukannya. Apalagi bagi anda yang memiliki kebiasaan nafsu makan yang besar dan sulit menahan rasa lapar.

Apa Itu Diet LCD ( Low Carb Diet ) ?

Dari jenis diet rendah karbohidrat memang banyak jenisnya, namun pada implementasinya itu berbeda-beda dari setiap yang di lakukan. Namun diet yang akan saya sampaikan di bawah ini merupakan diet rendah karbohidrat yang recomendasikan oleh Mark Sisson. Mark Sisson itu sendiri merupakan seorang Atlet Elit ketahanan tubuh seperti Deachathlon , maraton dan olahraga sejenisnya.

Pada massa ia berkarir sebagai atlet ia memiliki ketahanan tubuhnya yang baik, namun setelah ia pensiun sering mengalami nyeri pada tubuhnya, nyeri pada sendi dan lain sebagaiannya. Namun hal tersebut bukan hanya terjadi pada dirinya saja, nyatanya rekannya yang sudah pensiun juga mengalami hal yang sama. Namun setelah mengembangkan Diet rendah karbohidrat tersebut, tubuhnya menjadi segar bugar kembali dan stamina tubuhnya menjadi meningkat, meskipun umurnya pada saat itu usia 65 tahun. 

Dengan riset dan pengalamannya melakukan diet rendah karbohidrat, maka ia membuat sebuah buku tentang bagaimana cara melakukan diet LCD, seperti pada penjelasan di bawah ini.

Diet LCD Di Massa Purba

Dalam bukunya yang ia tulis, sebenarnya pada manusia dijaman purba sebenarnya sudah dilakukan pada massa itu. Dimana manusia di jaman purba hanya mengkonsumsi makanan dari hasil berburu, buah-buahan, sayur yang mereka temukan untuk di konsumsi. Dan hal yang penting adalah Mark Sisson mengatakan bahwa pada massa itu, sebagian besar penyakit yang banyak dijumpai pada manusia modern saat ini tidak jumpai, seperti penyakit diabetes, kolesterol,tekanan darah tinggi dan penyakit sejenisnya. Asalkan selama makanan yang mereka di konsumsi tersebut tidak terdapat virus atau bakteri.

Penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol dan sejenisnya malah di temukan pada massa abad pertanian ada. Karena pada massa itu, banyak manusia mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat , seperti makanan roti, nasi, kentang dan makanan sejenis lainnya, dan kurang mengkonsumsi makanan yang tinggi akan protein seperti yang di lakukan pada manusia di massa purba.

Cara Melakukan Diet rendah Karbohhidrat

Ada dua hal penting untuk di perhatikan sebelum meleakukan diet rendah karbohidrat ini. Yakni, dengan memperhatikan :

  • Makanan yang di konsumsi
  • Melakukan olahraga dengan melatih otot tubuh

Dua hal penting itu jangan sampai untuk di lewatkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal , seperti yang di sarankan oleh Mark Sisson .

1. Perhatikan Asupan karbohidrat perhari
Ada dua hal yang penting lainnya dalam mencukupi kebutuhan karbohidrat yang akan anda konsumsi. Seperti, asupan karbohidrat untuk menjaga berat badan dan asupan karbohidrat harian untuk menurunkan berat badan.

  • Jika anda memiliki program dalam menurunklan berat badan, maka asupan karbohidrat setiap harinya sekitar 100 gram 
  • Dan jika anda ingin mempertahankan berat badan, maka cukupi kebutuhan karbohidrat sebanyak 150 gram perharinya

Namun , meskipun begitu ada kalanya seseorang mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan. Maka anda bisa dengan mengkonsumsi asupan karbohidrat setiap harinya sekitar 50 gram perhari. Namun dengan catatan, hal tersebut jangan dilakukan sering-sering dilakukan, hanya untuk sewaktu-waktu saja.

Makanan Yang Kosnumsi Untuk Melakukan Diet LCD

Makanan pada gambar di atas ini coba anda perhatikan, maka dari setiap makanan dari piramida pada gambar tersebut, maka semakin bawah, maka semakin banyak anda akan di kosnumsi nantinya di banding makanan yang paling atas. Dari gambar piramida makanan di atas, mungkin anda sudah mengerti bukan ?

Okke mari kita selsaikan penjelasannya ...!!!

Mungkin sebagian dari kita akan kebingungan tersendiri untuk memilih makanan yang akan di konsumsi. Berikut adalah contoh-contoh makanan yang di recomdasikan untuk melakukan diet Rendah Karbohidrat ini yang mungkin akan lebih mudah anda temukan di sekitar kita.

  • Telur ayam 2 sampai 3 buah . bisa di rebus,goreng dan lain sebagainya dan tambahkan sayur-sayuran seperti buncis, brokoli, salad dan sejenisnya
  • Gado-gado tanpa kentang dan lontong dan perbanyak sayurannya
  • Ikan bakar. Anda bisa memilih ikan laut atau ikan sungai, namun sebaiknya pilihlah ikan laut, karena memiliki kandungan lemak baik  bagi tubuh, lalu capur dengan sayuran, seperti timun , tomat dan sejenisnya
  • Daging sapi bakar yang di capur dengan sayur-sayuran
  • Daging ayam bakar, goreng dan di campur dengan sayur-sayuran


Contoh makanan pada penjelasan di atas, bisa anda konsumsi dengan cukup membuat anda kenyang lebih lama. Tidak di konsumsi dengan jumlah yang sedikit ataupun terlalu banyak.

Lakukan Olahraga Untuk Hasil Terbaik

Melakukan olahraga memiliki manfaat untuk menjaga berat badan ideal dan juga untuk menurunkan berat badan. Mungkin bagi yang sudah melakukan olahraga tidak mempersoalkan hal tersebut, namun bagi yang jarang melakukan olahraga, maka sebaiknya lakukan olahraga santai secara perlahan yang penting konsistensetiap hari 30 menit, seperti olahraga berjalan santai, bersepeda,berenang dan olahraga santai lainnya yang dapat membakar kalori tubuh.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments