√ Cara Memilih Sabun Mandi Yang Tepat Sesuai Jenis Kulit - Situs Referensi Gaya Hidup

Widget HTML Atas

Cara Memilih Sabun Mandi Yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

Apa yang terjadi bila kita mandi tanpa sabun? Pasti masih kucel, berbau dan kulit juga tetap tidak sebersih yang dibayangkan. Jadi percuma menghabiskan banyak air, jika badan masih kotor.


Sama seperti barang primer lainnya, keberadaan sabun mandi masuk dalam kebutuhan pokok hidup manusia. Lalu dengan banyaknya merk yang beredar di pasaran, menjanjikan hasil baik, bingungkah Anda? Jangan sampai salah pilih dan beli ya!


Produk yang baik harus memberi manfaat banyak bagi kulit. Sebab keliru menentukan jenis sabun yang dipakai, berakibat fatal bagi kesehatan. Berikut tips cara memilih sabun yang baik yang bisa langsung Anda praktikkan ketika akan membeli sabun mandi.




  1. Menyesuaikan jenis kulit


Kulit manusia terbagi menjadi lima bagian yakni : kulit normal, kering, kulit berminyak, sensitif atau campuran dari kelimanya. Pada umumnya ada kemiripan, seperti kulit normal yang cenderung kering, atau berminyak kombinasi sensitif. Oleh sebab itu perhatikan label yang tertera pada kemasan, baca teliti jangan sampai salah.


 2. Lihat Bahan Yang Terkandung Dalam Sabun


Jangan yang mengandung bahan berbahaya yang dibeli. Produk sabun bagus seharusnya terdapat minyak esensial penting, yang berguna bagi kulit seperti : Jojoba, olive oil, cocoa butter, beeswax/hasil lain dari lebah madu, castor oil, canola, biji bunga matahari. Memiliki asam lemak minyak nabati misalnya : Asam laurat/lauric acid, asam linoleat/linolenic acid, asam miristat/miristat acid, asam oleat/oleat acid, asam palmitat/palmitat acid, asam stearat/stearat acid, asam ricinoleat/ricinoleic acid.


 3. Tes Kadar Keasaman


Dari sekian banyak bahan yang terkandung dalam sabun, kadar PH juga harus diperhitungkan. Harus diteliti dengan benar sebelum digunakan. Idealnya sabun yang bagus yang memiliki kadar PH hampir mendekati PH kulit sendiri atau istilahnya PH Balance, umum berkisar 4,5 sampai 6,5.


 4. Tidak Menyebabkan Kulit Kering Dan Bersisik


Ideanya sabun itu selain berfungsi membersihkan kotoran yang melekat pada tubuh, juga  melembabkan, dan bukan justru membuat kulit kering dan bersisik. Penggunaan tidak tepat, biasanya yang menjadi pemicu. Misalnya kulit kering tapi menggunakan sabun yang dikhususkan untuk kulit berminyak. Akibatnya kulit menjadi kering dan bersisik.


 5. Jangan Tergiur Merk


Merk yang mahal belum tentu bagus, meski setidaknya punya keistimewaan tersendiri bila dilihat. Sabun yang baik pasti memberikan efek bagus bagi pemakainya. Selain berfungsi membersihkan tubuh, mempunyai manfaat lain yakni melembutkan kulit dan membuatnya kenyal, dengan meninggalkan aroma wangi menyegarkan di badan.


 6. Sesuai Selera


Sesuai  selera yang dimaksud di sini, adalah bentuk sabun yang dipakai apakah berbentuk batangan ataukah cair. Sebetulnya tidak penting untuk diperdebatkan soal bentuk ini. Keduanya sama-sama mempunyai kelebihan membersihkan badan. Sabun cair terkenal harum, elegan dan mewah tentang harga. Sedang yang batangan awet, tahan lama dan kemasannya juga ramah lingkungan harganya juga terjangkau.


 7. Pilih Sabun Dengan Reputasi Baik


Mengenai reputasi, terkait dengan testimoni masyarakat yang pernah menggunakan produk sabun yang akan Anda beli. Ada hubungannya dengan poin lima yaitu jangan mudah tergiur dengan produk mahal dan terlihat mewah. Alangkah baiknya memakai jenis sabun yang sudah familiar di telinga publik dan digunakan oleh orang banyak, itu lebih aman daripada mencoba merk baru yang masih dalam tahap promo mencari pasaran, karena kulit sendiri yang jadi taruhan.


Dengan melihat pada penjelasan di atas maka sebaiknya anda tidak perlu khawatir lagi untuk memilih sabun yang dapat membuat anda bingung.


selamat mencoba dan semoga membantu.

Tidak ada komentar untuk "Cara Memilih Sabun Mandi Yang Tepat Sesuai Jenis Kulit"