√ Cara Mencegah Timbulnya Komedo Pada Wajah Secara Alami - Situs Referensi Gaya Hidup

Widget HTML Atas

Cara Mencegah Timbulnya Komedo Pada Wajah Secara Alami

Sama seperti jerawat, komedo di wajah juga sangat menganggu penampilan. Ada dua macam tipe komedo : Komedo hitam atau blackheads dan komedo putih atau whiteheads. Namun meski berbeda jenis, keduanya mempunyai penyebab sama, yakni adanya penyumbatan pori-pori karena berbagai faktor.


Adapun faktor pemicunya antara lain :




  • Minyak Berlebih

  • Perubahan Hormon

  • Bakteri

  • Sel Kulit Mati Yang Menumpuk


Berikut cara sederhana mencegahnya :




  1. Rajin Mencuci Muka Secara Teratur


Rajin mencuci muka secara teratur. Sehari dua kali pagi dan sore serta malam menjelang tidur. Seharian melakukan aktifitas, pasti wajah lelah, kotor penuh debu bercampur keringat. Oleh sebab itu harus dibersihkan agar menumpuk di kulit, menyumbat pori-pori hingga memicu terjadinya jerawat.


2. Jangan Terlalu Sering Membersihkan Wajah


Malas membersihkan wajah itu tidak baik, namun terlalu sering membersihkan wajah juga kurang baik. Menyebabkan kulit kering kehilangan banyak minyak, karena digosok saat dibersihkan. Akibatnya kulit pada wajah kembali memproduksi minyak dalam jumlah besar. Dari inilah yang menjadi masalah, pemicu terjadinya jerawat.


3. Gunakan Produk Aman Untuk Perawatan


Terletak pada sabun wajah yang mengandung asam salisilat atau krem wajah yang mengandung benzoil peroksida. Di mana memiliki manfaat : Mengangkat sel kulit mati, debu, kotoran, maupun minyak berlebih yang menempel pada pori-pori kulit, sehingga menimbulkan komedo. Sedangkan benzoil peroksida dapat membunuh bakteri penyebab komedo.

4. Rajin Mandi


Keringat, debu serta kotoran yang melekat di tubuh, setelah aktifitas di luar rumah, menjadi faktor pemicu terjadinya komedo. Jadi mengapa rajin mandi dianjurkan, karena penyebabnya itu.


5. Menggunakan Pelembab Yang Aman


Pilihlah produk yang ringan serta banyak mengandung air bukan minyak, berlabel oilfree dan non-comedogenic. Biasanya produk ini berbentuk lotion dan bukan krem pekat padat, sehingga bila menyentuh kulit, pelembab langsung terserap sempurna, tidak bertahan lama menempel di kulit.


6. Sediakan Kertas Minyak Saat Bepergian


Kertas minyak berfungsi mengelap wajah karena keringat. Bagi orang yang memiliki kesibukan tinggi, dan tak sempat pergi ke tolitet untuk membersihkan muka. Supaya keringat, debu dan kotoran tidak menempel lama pada wajah, maka cukup dibersihkan dengan kertas itu, praktis dan mudah dilakukan di mana saja.


7. Membersihkan Kosmetik Sebelum Tidur


Untuk jenis kulit berjerawat sangat dianjurkan sekali. Di samping itu kulit bersih dari kosmetik sangat bagus untuk regenerasi kulit keesokan harinya. Keadaan tersebut tentu berbeda sekalidengan wajah yang kotor, kulit tidak bebas bernapas akibat pori-pori wajah tersumbat.


8. Lakukan Eksfoliasi Secara Rutin


Eksfoliasi adalah metode yang digunakan untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati, biasa menumpuk di permukaan kulit terutama pada kulit wajah. Bisa menggunakan produk yang dijual bebas di apotek atau membuat sendiri di rumah dengan ramuan alami, seperti madu atau garam. Digosokkan lembut ke wajah, dibuat semacam scrub dan juga cleanser.


9. Jangan Menyentuh Wajah Dengan Tangan Kotor


Pastikan untuk selalu ingat, jangan sampai menyentuh wajah dengan tangan yang dalam keadaan kotor, sebab tangan sumber bakteri dan kuman. Terutama pada saat akan memencet jerawat.


10. Perbaiki Pola Makan


Penyebab komedo satu paket dengan jerawat, bila ditinjau dari makanan, pemicunya sama persis. Makanan yang terlalu manis, produk susu dan kacang-kacangan, juga alkohol. Jadi sebaiknya dihindari semua supaya aman.


Pada penjelasan diatas, maka untuk mlakukan tahapan dalam mencegah datangnya komedo, sebaiknya lakukan dengan cara yang rutin untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan maksimal.

Tidak ada komentar untuk "Cara Mencegah Timbulnya Komedo Pada Wajah Secara Alami"