Widget HTML Atas

Berbagai Macam Penyakit Kulit Yang Terjadi Di Indonesia

Penyakit kulit yang menyerang tubuh seseorang, selalu dikaitkan dengan keadaan kebersihan kulitnya. Meski tidak selamanya demikian. Fisik yang sedang melemah, juga ditengarai ikut berkontribusi memicu terjadinya penyakit kulit tersebut.


Dan bukan itu saja, Indonesia yang terkenal dengan iklim tropiknya juga ikut andil menyumbang. Cuaca buruk dan panas, disertai angin kencang musim kemarau, mampu membawa debu dan kotoran untuk menempel pada tubuh manusia. Jika ini dibiarkan melekat lama, bisa memicu terjadinya gatal-gatal, kulit kemerahan, sebagai akibat reaksi buruk tadi.


Berikut adalah jenis-jenis penyakit yang umum menyerang penduduk Indonesia secara umum




  1. Bisul


Disebabkan infeksi bakteri (staphylococcus aureus). Cirinya : benjolan besar, kulit merah berisi nanah. Tumbuh di tempat lembab misalnya pada : Ketiak, pantat, lipatan paha, leher hingga kepala. Penyebabnya : Kurang merawat kebersihan diri, bahan kosmetik yang menyumbat pori, luka terinfeksi, pelemahan diabetes.




  1. Kurap


Disebabkan jamur. Gejalanya : Kulit yang terinfeksi biasanya berwarna gelap, bercak bersisik, pengelupasan, rekah dan rua merah. Penyebabnya : Kurang menjaga kebersihan.




  1. Kudis


Disebabkan sarcoptes scanbie var hominis. Gejalanya : Sangat gatal di malam hari, timbul di bagian sela-sela jari, tangan, pinggang, di bawah ketiak dan sebagainya. Mudah menular.




  1. Jerawat


Terjadi sebagai akibat penyumbatan pori-pori. Selain di wajah juga bisa ada di bagian tubuh lainnya. Gejalanya : Bintik merah kecil hingga besar disertai kotoran bercampur darah dan nanah.




  1. Herpes


Disebabkan infeksi bakteri dan virus. Ada dua jenis yakni virus herpes simleks (HSV) dan virus varicella zoster.




  1. Campak


Disebabkan virus, sering menyerang anak-anak, merupakan penyakit akut yang menular. Gejalanya : Demam, pilek dan bersin, nafsu makan menurun, badan terasa lesu, serta radang mata. Setelah beberapa hari muncul ruam merah dan gatal di beberapa bagian tubuh.




  1. Cacar Air


Disebabkan virus. Gejalanya : Demam, kemudian timbul bintik-bintik merah berisi air dan cepat menyebar. Jangan digaruk saat gatal karena bila sembuh menimbulkan bekas.




  1. Ketombe


Seberoid atau ketombe yang biasa menyerang kulit kepala yang kotor dan cenderung berminyak. Gejalanya : Kulit merah, berisik, terasa gatal dan bau.




  1. Panu


Disebabkan jamur. Gejalanya : Kulit bercak putih, berkeringat dan gatal. Bisa pula merah atau kecoklatan tergantung warna kulit penderita. Menular jika memiliki tipe keringat sama.




  1. Sariawan


Termasuk penyakit kulit tapi letaknya di dalam mulut, dikarenakan jaringan lunak yang membengkak. Menimbulkan rasa sakit dan perih di bibir serta membentuk luka.




  1. Kutil


Disebabkan virus human papillmavirus, menular dan merusak penampilan.




  1. Impetigo


Terbilang menular. Disebabkan oleh dua bakteri yaitu : Staphylococcus Pyogenes atau Staphylococcus Aureus. Pengobatannya tergantung jenis bakteri yang menyerang kulit. Bisa muncul di : leher, wajah ataupun tangan. Menyerang anak-anak dan dewasa tapi dapat sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu dua hingga tiga minggu.




  1. Eksim


Ditandai dengan : Gatal pada kulit dan merah, pecah-pecah, bersisik dan terdapat gelembung-gelembung kecil yang isinya nanah. Biasanya menyerang bagian tubuh sekitar kaki, tangan, telinga dan lipatan paha.




  1. Psoriasis


Penyakit kulit ini diduga dari penyakit autoimun. Gejalanya : Bervariasi, setiap orang berbeda. Namun secara umum terdapat bercak merah, bersisik, bintik-bintik kecil, gatal, dan kering. Jika digaruk akan rontok.


Tidak ada komentar untuk "Berbagai Macam Penyakit Kulit Yang Terjadi Di Indonesia"