Widget HTML Atas

Makanan Yang Mengandung Kolagen Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Kolagen sebenarnya sudah ada pada tubuh manusia. Protein inilah yang selalu membuat kulit tampak kencang dan elastis. Namun sayangnya seiring bertambahnya usia, jumlahnya semakin menurun, sehingga menyebabkan kulit kendur dan melorot, tipis lalu mengeriput.


Kolagen bisa didapatkan hanya dengan minum suplemen dengan harga mahal. Tapi jika memperhitungkan tentang biaya, tiada alternatif lain kecuali mengonsumsi makanan yang bisa menghasilkan kolagen dalam tubuh. Dan berikut informasi daftar makanan tersebut :




  • Ikan


Ikan termasuk makanan yang cukup mengandung kolagen, penghasil asam omega 3 yang berguna untuk melindungi selaput lemak yang mengelilingi sel kulit, mempertahankan struktur kulit agar tetap kencang. Contohnya : tuna, salmon, makarel, telur dan kenari.




  • Sayuran Merah


Sayuran merah diyakini banyak mengandung likopen, antioksidan alami yang membantu melawan proses terjadinya radikal bebas pada kulit. Contohnya : Tomat, strawberry, semangka, grapefruit, atau paprika merah.




  • Sayuran Berwarna Hijau


Selain banyak mengandung vitamin C, sayuran yang daunnya hijau juga terdapat vitamin A, nutrisi peningkat produksi kolagen. Contohnya : sawi, selada, asparagus, brokoli, buncis, seledri.




  • Buah Berwarna Oranye


Vitamin C yang terkandung pada buah dan sayuran berwarna orange, sangat dibutuhkan untuk menjaga kolagen, sebagai antioksidan dan penangkal radikal bebas. Contohya : Jeruk, wortel, mangga, melon orange, pepaya, blewah, aprikot, tomat.




  • Aneka Buah Jeruk


Semua jeruk mengandung vitamin C, yang artinya mampu mengubah asam amino lisin dan protein menjadi kolagen. Contohnya: Lemon, grapefuit, jeruk nipis dan aneka jenis buah jeruk. Manfaat lain sebagai penetral radikal bebas.




  • Berry


Aneka buah berry berguna merangsang produksi kolagen. Kandungan  Anthocyanidins tak hanya mampu meningkatkan kolagen, tapi berjasa pula dalam menangkal radikal bebas. Contohnya : Strawberry, blueberry, rasberry atau blackberry.




  • Bawang Putih


Bawang putih mengandung taurine serta lipoat, bermanfaat membangun ulang serat kolagen rusak. Sulfur alaminya diperlukan tubuh memproduksi kolagen.




  • White Tea


Tidak setenar green tea, tapi memiliki keistimewaan mampu melindungi kulit dari kerusakan lebih jauh, yaitu sebagai penghambat aktifitas enzim ketuaan.




  • Alpukat


Buah ini sumber asam omega 3 dan vitamin E sebagai penangkal radikal bebas. Merangsang pertumbuhan kolagen.




  • Protein


Tubuh juga membutuhkan asam amino untuk memproduksi kolagen. Contohnya : Daging kalkun dan ternak pemakan rumput.




  • Kedelai


Kedelai merupakan produk yang menghasilkan kolagen dan memerangi penuaan dini pada kulit. Contohnya : Keju, susu kedelai, tempe, tahu dan masih banyak lagi.




  • Biji-bijian


Biji-bijian kaya protein, zinc dan hyaluronic acid, zat-zat ini penting supaya kulit tetap terhidrasi, kenyal, padat serta bebas kerut.




  • Ubi


Ubi yang rasanya manis mengandung Vitamin A yang berguna meningkatkan produksi kolagen pada tubuh. Membantu pertumbuhan sel baru yang berperan penting dalam pembentukan normal dan  pemeliharaan organ tubuh yang sebagian besar kulit.




  • Telur


Telur kaya kolin dan Vitamin B, yang akan diubah menjadi glisin. Merupakan salah satu asam amino yang berperan penting dalam pembentukan kolagen. Orang sehat bisa mengonsumsi 300 mg kolesterol perhari, sedang penderita jantung, diabetes dan kolesterol tinggi aman di level 200 mg perhari.




  • Tiram


Mengandung seng alami yang berguna pada pembentukan kolagen. Ada juga Vitamin B12, zat besi serta tembaga. Juga asam omega 3 dan Vitamin E.


Tidak ada komentar untuk "Makanan Yang Mengandung Kolagen Untuk Kecantikan Dan Kesehatan"