√ Penyebab Sesak Napas Yang Harus Untuk Anda Ketahui - Situs Referensi Gaya Hidup

Widget HTML Atas

Penyebab Sesak Napas Yang Harus Untuk Anda Ketahui

Sesak napas bisa menyerang siapa saja. Keadaan tersebut terjadi sebab dipicu oleh berbagai faktor, di mana salah satunya adalah jantung dan paru-paru. Karena kedua organ penting ini memang penyuplai oksigen ke seluruh organ tubuh kemudian mengeluarkan karboon dioksid dan zat kotor lainnya.


Bila kedua organ penting itu terganggu maka akan terjadi sesak napas. Namun jika ditinjau dari onset dan durasi serangan sesak, dapat dibagi menjadi dua yakni akut dan kronis.


Penyebab sesak napas akut


Secara tiba-tiba mendadak menyerang, sangat singkat dan cepat. Penyebabnya :




  1. Asma


Adalah penyakit pernapasan yang disebabkan oleh peradangan dalam saluran udara (bronkus). Korbannya bisa menderita sesak napas ringan hingga berat (mengi), tergantung penyempitannya.




  1. Keracunan karbon monoksida


Terjadi akibat terlalu banyak menghirup karbon monoksida (CO), gejalanya : Linglung, sakit kepala. Jika dalam jangka lama mengenai seseorang dapat menyebabkan kematian, depresi pada ibu hamil. .




  1. Tamponade jantung


Darah atau cairan mengisi ruang di antara kantung jantung dan otot jantung, sehingga jantung tidak berfungsi dengan baik, memompa cukup darah ke bagian tubuh/kegagalan organ. Gejalanya : Sesak napas, sakit pada dada terutama pada bagian kiri dan dada kanan terasa penuh bila ditekan.




  1. Hernia hiatal


Adalah kondisi yang menyebabkan bagian atas perut menonjol hingga ke bagian pembukaan diafragma, otot pemisah perut dengan dada. Gejalanya : Sulit bernapas, sesak napas, sakit di area dada atau perut, sulit menelan.




  1. Gagal jantung


Disebut pula congestive heart failure (CHF),  jantung tidak mampu memompa darah secara maksimal memenuhi kebutuhan tubuh. Gejalanya : Sesak napas, kelelahan berlebih, pembengkakan kaki.




  1. Tekanan darah rendah (hipotensi)


Yaitu aliran darah rendah ke organ-organ tubuh tidak memadai. Menyebabkan pusing dan pingsan, hingga kematian. Gejalanya : Pusing, dehidrasi, penglihatan kabur, mual, kurang konsentrasi.




  1. Pneumonia (infeksi paru)


Akibat jamur, bakteri dan virus. Peradangan di kantung udara paru-paru/alveoli, terisi cairan atau nanah. Disebut juga paru-paru basah, gejalanya : Nyeri dada saat/batuk, perubahan mental, batuk berdahak, mual muntah diare.


Penyebab Sesak Napas Kronis


Berlangsung berminggu-minggu, disebabkan oleh :




  1. Asma


Kondisi di mana saluran pernapasan menyempit, membengkak menghasilkan lendir ekstra. Tidak dapat disembuhkan, namun gejalanya dapat dikontrol, harus sering konsultasi dokter.




  1. PPOK ( Penyakit Paru Obstruktif Kronis)


Jenis penyakit paru obstruktif, ditandai aliran udara terhalang dari dalam paru-paru terjadi dalam jangka panjang. Gejalanya : Sesak napas disertai batuk berdahak. Penyebab utama merokok, polusi udara dan faktor genentika.




  1. Disfungsi Jantung


Dikenal pula sebagai CHF atau gagal jantung kongestif. Adalah sindrome kilinis yang dicirikan dengan sesak napas dan fatigue atau lelah otot. Gejalanya : Sesak napas, pembengkakan di kaki, denyut jantung tak beraturan, batuk disertai dahak, buang air kecil setiap malam, tidak konsentrasi, nyeri dada.




  1. Penyakit Paru Interstisial


Kelainan paru secara progresif antar jaringan paru-paru dengan kantung udara, bila berhubungan terhadap penyakit paru interstisial menyebabkan kekakuan paru progresif. Dipengaruhi oleh : autoimun, polusi, genetik, tanpa sebab pasti/idiopatik. Gejalanya : Batuk kering, sesak napas.




  1. Kegemukan


Yaitu lemak tubuh berlebih tertimbun dan terakumulasi kurun waktu lama, memicu penyakit jantung dan diabetes tipe 2, kanker, osteoarithrtis, depresi dan sebagainya. Karena asupan makanan berlebih, kurang olahraga, serta keturunan.


Tidak ada komentar untuk "Penyebab Sesak Napas Yang Harus Untuk Anda Ketahui"