√ Penyebab Telinga Gatal Yang Harus DiKetahui Untuk Di Hindari - Situs Referensi Gaya Hidup

Widget HTML Atas

Penyebab Telinga Gatal Yang Harus DiKetahui Untuk Di Hindari

Semua orang bisa dipastikan pernah mengalami kejadian telinganya merasa gatal. Meski sangat tidak disarankan menngaruk, namun pada umumnya untuk menghilangkan rasa gatal banyak dari mereka yang masih melakukan. Bila sudah menjadi kebiasaan dan tidak berhati-hati, dapat mengganggu gendang telinga.


Yang harus diwaspadai di sini adalah Anda harus tahu benar apa yang menjadi penyebab telinga gatal. Tidak cukup hanya dengan digaruk saja, gatal akan hilang dengan sendirinya. Dan berikut pemicunya :




  • Kotoran Di Telinga


Kotoran telinga yang mengering akan membuat telinga terasa gatal. Anda dapat meneteskan sedikit minyak zaitun pada kotoran yang mengeras itu, supaya lembut dan mudah dibersihkan. Atau air hangat juga bisa. Tapi meneteskan cukup seperlunya saja dan itupun harus dibasahi di atas secuil kapas.




  • Infeksi


Otitis eksterna adalah infeksi pada saluran yang menghubungkan lubang telinga luar dengan gendang telinga, dikenal sebagai seperti swimmer ear, menimbulkan rasa gatal yang sangat menganggu. Bisa menimpa siapa saja terutama anak-anak yang suka bermain air atau orang dewasa pada saat mandi, dapat pula ketika usai berenang.  Air terperangkap di dalam telinga bisa menyebabkan bakteri mudah berkembang biak. Pada tahap yang lebih berbahaya bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dan mengancam nyawa. Gunakan antiseptik tetes untuk meredakan gatal.




  • Penumpukan Lilin Telinga


Lilin yang ada di telinga sebenarnya berfungsi melindungi telinga bagian dalam dari bakteri dan debu. Namun kesalahan membersihkannya dengan cutton bud justru membuat lilin semakin terperosok ke dalam telinga, sehingga menutup jalan telinga dan timbullah rasa gatal.




  • Alergi


Telinga juga bisa alergi dengan ditandai rasa gatal. Membersihkan dengan air hangat bisa menjadi alternatif bagus mengobati rasa gatal tersebut. Selain itu dapat pula mengonsumsi anthihistamin pereda rasa sakit.




  • Kemasukan Serangga


Saat telinga terasa gatal, coba cek dan perhatikan apakah telinga kemasukan serangga atau tidak. Biasanya ada perasaan seperti berada di keramaian, berisik dan amat gatal. Caranya cukup dibersihkan dengan air hangat, dan jangan terlalu digaru-garuk, nanti bisa infeksi dan pendarahan di telinga.




  • Penggunaan Cutton Bud Atau Peniti


Banyak orang tidak menyadari hal ini. Selain kurang disarankan mencungkil kotoran telinga dengan cutton bud atau peniti, juga berakibat telinga menjadi gatal.




  • Penggunaan Alat Bantu Pendengaran


Meski berfungsi membantu mempertajam pendengaran, namun faktanya alat bantu ini juga ditengarai ikut menyumbang terjadinya telinga menjadi gatal. Apalagi bila cara meletakkannya juga kurang tepat, bisa berakibat tidak baik telinga itu sendiri.




  • Kondisi Kulit


Kondisi kulit kering yang gatal yang disebabkan oleh eczema, alergi dermatitis dan asosiatis, juga memberi dampak pada telinga. Pengobatannya menggunkan krim steroid yang dipercaya mampu meredakan rasa gatal ini.




  • Situasi Psikologis Seseorang


Ada kondisi psikologis seseorang yang menyebabkan teliga menjadi gatal, misalnya stres, trauma atau depresi. Maka lebih cepat diobati sebab bisa menganggu jalannya aktifitas sehari-hari. Tidak konsentrasi sebab terpikir telinga gatal dan selalu ingin menggaruknya.




  • Psoriasis


Adalah kelainan kulit kronis yang sering muncul kemudian hilang. Gejalanya : Bercak merah pada kulit yang disertai dengan adanya sisik kemerahan, kulit menebal, gatal dan nyeri . Sel tersebut berkembang lebih cepat dari biasanya, sehingga sel-sel kulit mati menumpuk dan mengakibatkan kulit kering dan gatal. Menimpa kelompok usia 15-35 tahun, bisa terjadi di sekujur tubuh termasuk di telinga.

Tidak ada komentar untuk "Penyebab Telinga Gatal Yang Harus DiKetahui Untuk Di Hindari"