√ Jangan Bingung, Inilah Cara Mengatasi Kaki Pecah-pecah - Situs Referensi Gaya Hidup

Widget HTML Atas

Jangan Bingung, Inilah Cara Mengatasi Kaki Pecah-pecah

Merawat tubuh harus secara keseluruhan, bukan hanya wajah saja yang diperhatikan, bagian kaki tidak. Terutama tumit yang rentan terserang kulit pecah-pecah, butuh juga dirawat. Musim kering seperti kemarau panjang, bisa ditengarai sebagai salah satu pemicunya.


Sama seperti wajah, kaki yang pecah-pecah juga berpotensi mempengaruhi penampilan. Bahkan tak jarang sering menimbulkan pendarahan dan rasa sakit tersendiri ketika berjalan. Penanganan yang tepat akan membantu menghilangkan keadaan itu.



Cara Mengatasi Kaki Pecah-pecah




  1. Rajin Memakai Pelembap




Pelembab dapat mengatasi keadaan kulit kering. Tapi banyaknya merk yang beredar di pasaran, harus jeli memilih. Setidaknya perhatikan bahan-bahan yang dikandung sesuai jenis keluhan yang dihadapi, seperti :




  • Kandungan minyak, mengunci kelembapan, seperti banyak mengandung minyak alami, petrolatum, gliserin, shea butter dan sebagainya.

  • Kandungan urea, perawatan intensif mengupas keratin mengeras sehingga kulit menjadi halus.

  • Pilihlah produk yang banyak mengandung kandungan protein, mengandung Vitamin A, C dan E untuk mengatasi kulit kering.

  • Pilih produk dengan kandungan bahan untuk kecantikan, misalnya kolagen dan hyaluronic acid.


Oleskan sehari dua kali dan malam menjelang tidur. Tapi jika keadaannya memburuk bisa konsultasi ke dokter, supaya dilakukan penanganan tepat.





  1. Mengenakan Kaus Kaki




Setelah mengoleskan krim pelembab, bungkuslah kaki dengan kaus kaki yang terbuat dari katun, kemudian tidur malam. Bahan tersebut tetap bisa membuat kulit dapat bernapas, namun tetap terjaga kelembapannya.





  1. Merendam Kaki




Merendam kaki bertujuan mengangkat sel-sel kulit mati, serta mengatasi kulit kaki yang menebal, kering dan pecah-pecah. Proses ini dapat dilakukan dengan cara :




  • Merendam kaki dengan air hangat atau suam-suam kuku dan bersabun selama tigapuluh menit. Gunakan sabun yang lembut dan tidak memicu kulit semakin bertambah kering.

  • Kemudian angkat kaki, perlahan gosok untuk menghilangkan kulit yang menebal dan keras pada kulit.

  • Keringkan kaki dengan ditepuk-tepuk. Hindari dengan digosok sebab bisa menimbulkan retakan lagi.

  • Setelah kering beri pelembap dan kenakan kaus kaki.




  1. Menggunakan Bahan-bahan Alami




Dengan menggunakan bahan-bahan alami di sekitar kita, juga bisa untuk mengatasi kulit pecah-pecah, misalnya :





  • Lemon Dan Garam




Lemon mengandung anti-bakterial yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan garam terbukti mampu mencegah infeksi. Rendam kaki di dua campuran bahan tersebut dengan  air hangat.





  • Air Mawar Dan Gliserin




Kedua bahan ini bisa melembutkan dan membuat kulit halus. Caranya : Oleskan dua bahan tersebut sebelum tidur dan biarkan semalaman. Esok hari baru dibersihkan.





  • Minyak Esensial




Dapat dipakai olive oil, palm oil, almond oil. Pilih salah satu kemudian balurkan ke kaki yang pecah-pecah. Biarkan meresap semalaman baru dicuci keesokan harinya.





  • Pisang




Mempunyai fungsi melembapkan kulit, dapat digunakan untuk menghaluskan kulit yang pecah-pecah. Caranya : Lumatkan satu buah pisang hingga berbentuk pasta, kemudian oleskan ke kaki, biarkan selama limabelas menit, setelah itu bilas dengan air bersih.





  • Mentimun




Buah sekaligus sayur ini bisa dipakai. Caranya : Tumbuk halus mentimun hingga seperti pasta, lalu balurkan ke kaki yang pecah-pecah. Tunggu beberapa saat kemudian baru dicuci.





  1. Perbanyak Minum Air Putih




Memperbanyak minum air juga dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, sehingga kulit kering dan pecah-pecah dapat teratasi. Khususnya pada saat cuaca kemarau harus lebih ditambahi lagi porsinya, agar kult senantiasa lembap, tidak menebal dan pecah-pecah.

Tidak ada komentar untuk "Jangan Bingung, Inilah Cara Mengatasi Kaki Pecah-pecah"