√ Kulit Kapalan ? Jangan Khawatir, Inilah Cara Menghilangkan Kulit kapalan - Situs Referensi Gaya Hidup

Widget HTML Atas

Kulit Kapalan ? Jangan Khawatir, Inilah Cara Menghilangkan Kulit kapalan

Kapalan dalam bahasa kedokteran dinamakan ‘’Callus’’, merupakan penebalan dan pengerasan lapisan kulit, terjadi sebagai akibat pertahanan kulit terhadap gesekan yang berlangsung secara terus menerus. Kapalan sering ada pada telapak kaki, tangan dan jari-jari yang biasanya sering kontak dengan benda-benda asing. Kapalan akan melindungi kulit dari luka dan lecet, dari timpaan-timpaan benda keras da lebih kasar lagi.


Secara medis, kapalan bukanlah suatu penyakit yang perlu ditakutkan keberadaanya, terkecuali pada orang-orang yang memiliki riwayat penyakit bawaan, misalnya diabetes. Kapalan semacam ini bila tidak segera diatasi, akan menyebabkan masalah serius. Cara mengatasinya menghindari faktor pemicunya.



Berikut langkah sederhana menghilangkan kapalan :



  • Rendam kaki dengan air hangat kurang lebih duapuluh menit.

  • Kemudian gosok tepat pada kulit yang kapalan, perlahan-lahan menggunakan batu apung.

  • Jangan digunting dengan alat yang tidak steril, sebab bisa menimbulkan infeksi baru, khususnya bagi penderita diabetes.

  • Lakukan setiap hari sampai hilang kapalan.


Jika cara ini masih belum dapat hilang dapat ditempuh menggunakan asam salisilat. Bahannya bersifat keratolitik, dapat melarutkan protein/keratin pembentuk kapalan. Sekarang dijual bebas di apotek.



Agar lebih efektif pengunaanya, berikut caranya :



  • Cuci bersih bagian tubuh yang terkena kapalan kemudian keringkan.

  • Ambil kapas atau kain kasa, sesuaikan dengan lebar kapalan.

  • Basahi dengan larutan asam salisilat secukupnya.

  • Secara hati-hati, tempelkan pada kaki atau tangan yang kapalan, jangan sampai menyentuh bagian kulit lain, sebab bisa berpotensi rasa terbakar dan panas.

  • Tutup dengan plaster.

  • Ulangi terus setiap kalai sehabis habis mandi, pada waktu pagi dan sore hari, sampai kapalan benar-benar bisa mengelupas dengan sempurna.


Anda bisa pergi ke dokter bila mengalami gejala :



  • Masih merasakan sakit dan kaki meradang, bengkak dan kemerahan.

  • Jangan menggunakan cara di atas tanpa seijin dokter, jika Anda menderita penyakit diabetes atau aliran darah buruk. Sebab ini hanya dianjurkan pada kapalan jenis biasa.

  • Bila merasa sudah melakukan tindakan di atas, tapi kapalan belum berhasil disembuhkan, mungkin memerlukan penanganan secara khusus dari dokter.


Kapalan dalam taraf ringan masih dapat disembuhkan dengan menggunakan tenhik alami, memanfaatkan ramuan herbal yang ada di sekitar kita, misalnya :





  1. Kopi Dan Minyak Zaitun




Caranya dibuat lulur, dengan mencampur kopi dan minyak zaitun dibuat pasta. Balurkan pada kaki atau tangan yang terkena kapalan.





  1. Lemon Dan Cengkeh




Lemon sedari dulu dipercaya bermanfaat bagi kesehatan, dan cengkeh juga diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit dengan zat senyawanya. Adapun cara menggunakan ramuan ajaib ini adalah : Peras lemon, ambil airnya. Rendam cengkeh ke dalam air perasan jeruk lemon tersebut selama duapuluh menit, lalu keluarkan. Air rendaman inilah yang dioleskan pada kaki yang kapalan. Lakukan setiap hari hingga sembuh.





  1. Baking Soda




Caranya : Campurkan sebanyak 5 sampai 6 baking soda ke dalam satu baskom air. Lalu rendam kaki atau tangan yang kapalan selama kurang lebih tigapuluh menit, sembari digosok dengan lembut menggunakan batu apung.





  1. Kulit Lemon




Tak hanya buahnya saja yang berkhasiat menyembuhkan kapalan, kulitnya juga bisa dipergunakan. Karena kandungan senyawa yang dimiliki mampu membasmi kapalan. Caranya : Digosokkan secara teratur pada kulit yang kapalan, atau dihancurkan dibuat pasta, dibalurkan sembari digosok lembut.

Tidak ada komentar untuk "Kulit Kapalan ? Jangan Khawatir, Inilah Cara Menghilangkan Kulit kapalan"