Widget HTML Atas

Cara Riset Pasar Online Sebelum Berjualan Di Internet



Vemala.com - Untuk melakukan riset pasar adalah hal yang paling mendasar sekaligus yang paling penting apalagi market online. Dengan kemajuan jaman di era teknologi internet ini semua riset bisa di dilakukan dengan mudah dengan bermodalkan koneksi internet. Pada jaman dahulu untuk melakukan riset sangatlah sulit dan perlu membutuhkan banyak biaya yang banyak.


 

Bagi anda calon pengusaha online maupun yang sedang menjalani bisnis online, sebaiknya perhatikan kembali riset pasar online yang sedang dijalani. Di era modern ini untuk mendapatkan riset pasar online anda sudah bisa memanfaatkan aplikasi yang sudah google sediakan atau istilahnya googling.

 

 Di Indonesia sendiri sekarang ini sudah menjadi budaya “googling” sudah menjadi sebuah gaya hidup, untuk bisnis, tempat belajar dan masih banyak lagi. Dengan beraneka ragam informasi yang telah disediakan di internet dapat memudahkan untuk riset banyak hal, terutama riset bisnis online anda.

 

 

Dengan melimpahnya pengguna dari google sendiri untuk mencari informasi sehingga penggunanya dimanjakan dengan beberapa aplikasi contohnya yang akan saya bahas dibawah ini, tentang cara riset pasar online.

 

 

1. mengetahui Selera konsumen

 

Inilah cara awal untuk riset pasar online anda. Bukan hanya bisnis online saja untuk mengetahui selera konsumen, namun bisnis offline juga diharuskan melewati tahapan ini. Setiap orang mempunyai selera yang berbeda, namun pada umumnya selera konsumen kurang lebih seperti ini, membuka polling untuk konsumen, memberi masukan terhadap produk yang anda jual dan yang lainnya.

 

2. Amati pesaing Anda

 

Amati pesaing anda riset terlebih dahulu kesuksesan yang ia terapkan dalam menjalankan bisnis onlinenya tersesut.setelah menemukan cara kesuksan yang mereka jalankan langkah selanjutnya ikuti cara mereka lalu kembangkan dengan berbagai inovasi yang anda buat.

Memiliki pasar yang memiliki saingan sebenarnya memiliki keungtunagan tersendiri bagi anda karna kita bisa meniru kesuksesannya. Dan memiliki keuntungan untuk riset bisnis anda kedepannya seperti apa.

 

Buatlah Inovasi baru dari bisnis online anda dan lihat yang lagi trend atau yang sedang naik daun untuk mengusir kebosanan bisnis anda dan meningkatkan pemasukan bisnis anda. Misalkan anda menjual baju dengan gambar biasa, lalu anda tambah lagi dengan baju yang lagi trend seperti baju yang memiliki gambar 3 dimensi atau yang lainnya.

 

Gunakan Fasilitas google Untuk Riset Pasar Online


Berikut ini akan saya jelaskan beberapa riset pasar online ,tentang riset produk yang akan anda jual di internet contohnya tentang “suplemen fitnes” dengan menggunakan fasilitas dari google dan planning penjualan ke depannya.

 

1. Riset Pasar Menggunakan Google Keyword Planner Tool

 

Tool yang satu ini bisa anda gunakan secara gratis. Dengan menggunakan Google Keyword Planner tool ini anda akan mendapatkan informasi kata kunci atau keywood yang banyak di cari orang maupun yang paling sedikit yang orang cari.

 

Banyak sekali orang menggunakan mesin pencari google ini dan anda bisa melihat apa saja yang sering orang cari di internet dengan menggunakan Google Keyword Planner Tool. Sebelumnya anda login terlebih dahulu menggunakan alamat email Gmail anda.

 

 



Berikut saya ketikkan dengan kata“suplemen fitnes”



 





Gambar contoh riset pasar dengan google keyword planner tool



Lihat gambar Hasil dari pencarian perbulannya sekitar 6.600 untuk keyword “suplemen fitnes” dan artinya jika anda berjualan online suplemen fitnes anda memiliki prosfek yang bagus untuk mendapatkan keungtungan yang besar.

 

Selain itu ada beberapa keyword yang banyak orang cari lainnya yang akan ditampilkan yang terkait dengan suplemen fitnes, seperti Whey Protein, Creatine dan masih banyak lagi

 

 

2. Riset Pasar Online Dengan Google Trend

 

Google Trend sangat bagus digunakan untuk melihat apa yang sedang trend di internet dan kita akan disuguhkan dengan grafik laporan pertahunnya tentang informasi yang kita cari. Google trend sendiri sangat cocok bagi anda yang memiliki bisnis online terutama toko online.

 

Kegunaannya untuk melihat peluang pasar online maupun offline. Dengan grafik yang di tampilkan dari google trend anda bisa melihat minat konsumen yang lagi trend dalam waktu pendek maupun jangka waktu panjang.

 

Berikut saya ketikan dengan kata “suplemen fitnes” berikut hasil grafiknya di bawah ini.






Gambar contoh riset pasar suplemen fitnes dengan google trend









Dengan melihat hasil dari Grafik google trend dan hasil gambar google keyword tool tersebut bisa di katakana minat orang tentang suplemen fitnes mengalami kenaikan yang bagus untuk bisnis online.


 

Penjelasan diatas apa masih kurang 


Okke mari kita lanjutkan!


Seiring minat kesehatan di Indonesia sendiri terus meningkat dari tahun 2005 sampai 2015, dengan meningkatnya pola hidup sehat di Indonesia maka banyak orang yang melakukan olahraga sampai mengkonsumsi makanan sehat.

 



Berikut beberapa Gambar grafik yang akan saya tampilkan keterhubungan informasi antara suplemen fitnes, kesehatan sampai makanan sehat yang menjadi minat masyarakat.


 






      Gambar Grafik tentang trend kesehatan dari tahun-ketahun






        Gambar Grafik tentang Trend Sehat dari tahun-ketahun

 




    Gambar Grafik tentang suplemen Fitnes dari tahun-ketahun

 


 


 
Perhatikan gambar grafik yang saya tampilkan diatas dari tahun 2005 sampai tahun 2015 hampir sama kan peningkatannya. dan itu memiliki keterkaitan satu sama lain.

seiring meningkatnya minat kesehatan di Indonesia sendiri maka kebutuhan masukan makanan yang sehat untuk kebutuhan berolahraga juga akan menigkat, dan produk suplemen untuk fitnes mulai dan terus jadi perhatian dan bisa jadi lahan yang bagus untuk anda berjualan di internet, seiring minat trend tersebut

Tidak ada komentar untuk "Cara Riset Pasar Online Sebelum Berjualan Di Internet"