Widget HTML Atas

Kenali Suplemen Asam Amino Dan Manfaat Untuk Otot Tubuh


Tubuh menusia membutuhkan asam amino untuk bisa bertahan hidup, untuk memenuhi kebutuhan tersebut memerlukan asupan dari makanan yang di konsumsi. Sebentar lagi kita akan mengetahuinya di bawah ini tentang suplemen asam amino, sumber makanan dan penejelasan lainnya.


Sekilas tentang asa amino itu sendiri merupakan senyawa organik yang tergabung dari bagian protein. Ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, maka ketika di dalam tubuh akan di uraikan dan di manfaatkan oleh tubuh dengan berbagai macam manfaat.


Amino Esensial

Ada beberapa jenis asam amino dalam tubuh, namun jenis asam amino esensial merupakan hal yang tidak bisa di produksi dalam tubuh, makannya tubuh membutuhkannya melalui makanan yang di konsumsi untuk membutuhkannya. Banyak jenis asam amino seperti isoleusin,leusing,valin,treonin dan lain sebagainya.


Fungsi asam amino

Asam amino esesnsial yang di hasilkan dari penguraian protein tersebut akan di tinggalkan oleh tubuh dengan berbagai macam manfaat yang akan dihasilkan, seperti membantu dalam menguraikan makanan, membantu dalam pertumbuhan, memperbaiki jaringan tubuh dan bisa membantu dalam memberikan enrgy dalam tubuh.



Manfaat Suplementasi Amino Untuk Pembentukan Otot

 

Asam amino itu sendiri merupakan penusun utama protein dari kelompok asam amino esesnsial dan asam amino non-esensial . protein itu sendiri merupakan asupan makanan yang sangat di butuhkan untuk pertumbuhan otot. Saking pentingnya asupan protein , banyak para fitnes mania mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi protein atau mengkonsumsi suplemen amino.


Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat yang di dapat dengan mengkonsumsi amino untuk membangun massa otot :


1. Menambah massa otot

Seperti yang telah saya jelaskan di atas tentang pentingnya asupan protein untuk membangun massa otot. Protein itu sendiri merupakan asupan makanan yang mengandung beberapa asam amino, seperti asam amino esensial dan asam amino non esensial. Selama kebutuhan protein tercukupi dengan baik, maka massa otot tubuh akan terbentuk dengan baik.


2. Menambah Power

Disaat melakukan olahraga, maka tubuh akan membakar glukosa dan glikogen untuk mendapatkan sumber energy di saat melakukannya. Di saat hasil pembakaran tersebut akan menghasilkan asam laktak. Asam latkat itu sendiri dapat membuat tubuh mejadi lelah.


Glutamin yang terdapat dari asam amino tersebut memiliki manfaat yang dapat membantu menetralisir asam laktat tersebut, sehingga bisa melakukan olahraga lebih bertenaga dan bertahan lebih lama.


3. Mencegah penyusutan otot

Dengan melakukan aktifitas fitnes dapat merusak otot kecil ditubuh, dan ketika tercukupinya asam amino esensial dapat membantu dalam penyusutan otot. Jenis asam amino esensial ini memiliki peran yang dapat mencegah terjadinya penyusutan otot, dan asam amino essensial ini bisa dibilang BCAA ( Branched Chaim Amino Acids ).


Suplemen BCAA ( Branched Chaim Amino Acids ) sering para fitnes mania konsumsi untuk membantu dalam penyusutan otot tubuh. Untuk mencukupi BCAA ini bisa dengan mengkonsumsi asam amino esensial yang terdapat dari protein.



Makanan yang sering Dikonsumsi Oleh fitnes mania untuk membangu massa otot



Seorang binaragawan yang memiliki badan yang besar dan berotot, tentunya tidak datang begitu saja, selain dari melakukan latihan dengan rutin, pola makan yang teratur dan gizi yang seimbang juga menjadi perhatian dan untuk di konsumsi, sehingga bentuk indah otot bisa di raihnya.


Pada dasarnya seorang yang memilikiaktifitas olahraga/ fitnes membutuhkan banyak energy sehingga di saat melakukan aktifitas tersebut bisa berjalan dalam tempo yang lama dan fokus yang baik. selain itu tidak kalah penting makanan yang dikonsumsi memiliki manfaat untuk pertumbuhan otot.


Banyak para fitnes mania mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi protein, seperti putih telur rebus,kalkum, dada ayam daging merah sapi.


Selain dari mengkonsumsi sumber makanan untuk memenuhi sumber nutrisi untuk otot, perlu juga untuk di perhatikan, apakah protein tersebut sudah cukup untuk memenuhinya.


5 jenis asam amino  dan untuk mendapatkannya

Seperti yang telah bahas sebelumnya, asam amino tersebut memiliki banyak jenisnya. Untuk memenuhi jenis-jenis asam amino tersebut bisa dengan mengkonsumsi dari berbagai macam makanan yang akan saya bahas di bawah ini :


1. Lisin

Untuk medapatkan sumber makanan yang mengandung  asam amino lisin yang cukup tinggi ini, bisa dengan mengkonsumsi daging ayam dan kalkum.  Selain itu bisa dengan mengkonsumsi sayuran dari salada air,rumput lain, ikan tuna, ikan kod dan makanan sejenis lainnya.

2. Leusin

Putih telur,kedelai dan ayam memiliki kandungan lesin yang cukup banyak dan makanan lainnya bisa dengan mengkonsumsi rumput lau dan ikan tuna.

3. Isoleusin

Untuk memenuhi kebutuhan isoleusin cobalah dengan mengkonsumsi putih telur, selain itu memiliki sedikit kandunganlemak di dalamnya. Tiadk hanya itu untuk mendapatkannya,bisa dengan mengkonsumsi kepiting,ayam,ikan tuna,kedelai,damba dan makanan lainnya.

4. valin

Asam amino valin juga bisa di temukan dari makanan telur, bayam,rumput laut,kalkum dan salada air.

5. treonin

Makanan yang memiliki kandungan treonin ini bisa dikunsumsi dari salada ait dan bayam mentah. Anda juga bisa mendapatkan treonin dari sumber makanan lai seperti putih telur,kalkum dan kedelai.

Tidak ada komentar untuk "Kenali Suplemen Asam Amino Dan Manfaat Untuk Otot Tubuh"