Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin berinvestasi? Kenali dulu reksa dana obligasi


Amanah investasi merupakan salah satu sarana investasi yang dikatakan relatif aman. Hal ini karena portofolio amanah investasi dikelola langsung oleh perusahaan pengelola investasi yang berpengalaman. Selain itu, adanya diversifikasi investasi pada investment trust yang dapat mengurangi risiko.

Reksa dana itu berkisar dari reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana saham hingga reksa dana indeks dan ETF. Salah satu reksa dana yang paling diminati karena karakteristik risikonya yang moderat dan profitabilitas yang lebih tinggi dibandingkan reksa dana pasar uang, yaitu reksa dana pendapatan tetap.

Umumnya, porsi investasi dari perwalian investasi pendapatan tetap, yang setidaknya 80% dari nilai aset bersih, dialokasikan dalam bentuk surat utang. Misalnya, obligasi yang jatuh tempo lebih dari satu tahun.

Obligasi yang diinvestasikan (surat utang) dapat diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan. Trust investasi obligasi cocok untuk mereka yang ingin berinvestasi dalam jangka waktu 1 hingga 3 tahun.

Di masa pandemi saat ini, reksa dana pendapatan tetap mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat berdasarkan skala risiko menengah. Keuntungan yang diperoleh melalui reksa dana pendapatan tetap sejalan dengan risiko yang ada. Pengembalian yang bisa Anda terima dari hasil investasi seorang wali bisa mencapai 7-8% per tahun, atau bahkan 9%.

Mengingat suku bunga Bank Indonesia sebesar 3,5% sangat rendah dan dapat naik cukup tipis, inilah momentum untuk mendapatkan keuntungan lebih dari simpanan melalui reksa dana obligasi. Reksa dana pendapatan tetap tetap menarik dan memiliki prospek investasi yang menjanjikan saat ini.

Risiko reksa dana pendapatan tetap moderat, tetapi Anda perlu memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang risiko yang terlibat dalam berinvestasi di reksa dana pendapatan tetap. Risiko tersebut antara lain risiko penurunan nilai yang mungkin terjadi akibat wanprestasi penerbit efek, risiko penurunan harga akibat portofolio efek dan kekuatan lainnya, risiko likuiditas, risiko politik, risiko ekonomi, dan risiko perubahan pemerintahan. peraturan. Termasuk.

Dengan memahami risiko dari reksa dana investasi pendapatan tetap, Anda dapat menghitung potensi kerugian dan keuntungan yang akan Anda dapatkan. Risiko di atas juga berbanding lurus dengan imbal hasil yang Anda dapatkan.

Berinvestasi di reksa dana pendapatan tetap menawarkan banyak keuntungan, antara lain fleksibilitas waktu pembayaran yang dikelola oleh manajer investasi yang terpercaya, potensi imbal hasil yang tinggi, dan potensi positif di masa depan.

Reksa dana obligasi memiliki potensi yang sangat menjanjikan bahkan selama pandemi, karena suku bunga turun dan inflasi dapat diabaikan.

Perdagangan Harta Karun DBS Sederhana untuk Reksa Dana Obligasi

DBS Treasures menawarkan berbagai kemudahan untuk bertransaksi reksa dana pendapatan tetap. Artinya, pengelolaan dana investasi dilakukan oleh para profesional dan memberikan wawasan untuk memandu investasi.

Ini juga mengurangi risiko dengan mendiversifikasi investasi. Likuiditas harian, karena proses penjualan kepemilikan trust investasi obligasi untuk pemegang trust investasi kemudian dapat dilakukan pada hari yang sama.

Kinerja transparan yang mudah dibandingkan dan memiliki nilai investasi yang fleksibel. Dengan begitu, Anda bebas menentukan nilai dana yang Anda investasikan di obligasi trust investment. Ingatlah bahwa setiap produk trust investasi berada di bawah pengawasan OJK.

Berpartisipasi dalam nasabah perbankan prioritas DBS Treasures dengan setoran minimal Rp500 juta memberi Anda keuntungan khusus berinvestasi di reksa dana pendapatan tetap. Komunikasikan strategi pengelolaan kekayaan Anda yang dipersonalisasi dan konsisten untuk memastikan Anda membuat keputusan yang tepat pada waktu yang tepat.